Jatuhnya Mubarak

Jatuhnya Mubarak 

Menyusul mundurnya Ben Ali, Presiden Mesir, Hosni Mubarak, menyatakan bahwa ia mundur dari Jabatannya sebagai Presiden Mesir pada hari Sabtu, 11 Februari 2011 kemarin melalui perntaannya yang dibacakan oleh Wakil Presiden, Omar Suleiman. Dalam pernyataan yang dibacakan tersebut, Hosni Mubarak menyerahkan pemerintahan negara Sungai Nil ini kepada Dewan Militer Mesir.

 


 Berawal dari tumbangnya rezim Ben Ali di Tunisia, protes terhadap Presiden Mesir, Hosni Mubarak mulai dilancarkan rakyat Mesir sejak Selasa, 25 Januari 2011. Demonstrasi ini dilancarkan oleh rakyat Mesir karena Hosni Mubarak dianggap merugikan rakyat Mesir dengan melakukan korupsi dengan pemerintahannya yang diktator.

 

Mendengar demonstrasi yang ada, tokoh oposisi Mesir, El Baradei, kembali ke mesir dan disambut oleh para penentang Hosni Mubarak. Ia pun turut memperjuangkan visi yang sama dengan para demonstran anti-Mubarak.

 Akibat dari demonstrasi yang terjadi, juga menyebabkan banyak masyarakat terluka akibat perlawanan dari aparat keamanan maupun bentrokan dengan pendukung Hosni Mubarak.